Efisiensi Pemasaran Ikan Patin dan Nilai Tambah Pengolahan Ikan Asap di Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar
View/ Open
Date
2018Author
Hutasuhut, Rifqi Suhandri
Sinaga, Bonar M
Hardjanto, Arini
Metadata
Show full item recordAbstract
Komoditas ikan patin di Desa Koto Mesjid memiliki berbagai lembaga pemasaran. Panjang dan pendeknya saluran pemasaran mempengaruhi efisiensi pemasaran. Sifat ikan patin yang mudah rusak membutuhkan nilai tambah dalam pengolahannya. Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis saluran pemasaran yang terjadi dan lembaga pemasaran yang terlibat serta fungsi pemasaran yang dilakukan, (2) menganalisis efisiensi, dan (3) menganalisis nilai tambah ikan patin asap. Terdapat delapan saluran pemasaran yang ada di Desa Koto Mesjid. Saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran I (Pembudidaya → Pengumpul Desa → Pengumpul Kecematan → Konsumen Kabupaten Kampar) dengan marjin pemasaran sebesar Rp 4 875, farmer’s share 77 persen, dan rasio keuntungan dan biaya sebesar 1.87. Nilai tambah olahan ikan patin asap UMKM pengolahan ikan asap sebesar Rp 3 778.781 dan rasio nilai tambah sebesar 18.894 persen.