Strategi Bersaing PT Mumtaz Elhakim Perkasa dalam Industri Restoran Cepat Saji di Indonesia
Abstract
PT Mumtaz Elhakim Perkasa (PT MEP) adalah salah satu perusahaan yang
mengusahakan restoran cepat saji dengan merek dagang O’Chicken sejak tahun
2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor
internal dan eksternal, memformulasikan strategi alternatif, dan menentukan
strategi prioritas bagi PT MEP. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFE,
matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM. Matriks IFE dan matriks EFE
menunjukkan bahwa usaha memiliki kondisi internal rata-rata, dan usaha memiliki
kondisi kuat untuk merespon lingkungan eksternal. Berdasarkan matriks IE, posisi
perusahaan berada di kuadran kedua yaitu grow and build. Formulasi alternatif
strategi didasarkan pada posisi matriks IE dan analisis matriks SWOT sehingga
menghasilkan lima strategi bersaing. Prioritas strategi diperoleh dari QSPM yaitu
melakukan inovasi menu.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]