Strategi Pemasaran Produk Daging Ayam Olahan Beku Merek SunnyGold PT Malindo Food Delight Jakarta
Abstract
Sebagai salah satu merek produk dalam industri pengolahan ayam, produk
SunnyGold dari PT Malindo Food Delight menghadapi persaingan yang ketat
dengan pemimpin pasar dan merek-merek lainnya. Oleh karena itu, produk
SunnyGold membutuhkan formulasi dan pemilihan kebijakan strategi pemasaran
yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor lingkungan
internal dan eksternal, memformulasikan alternatif strategi, dan menentukan
prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh PT Malindo Food Delight. Penelitian
ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis lingkungan internal
dan eksternal. Formulasi alternatif strategi pemasaran dibuat dengan
menggunakan matriks IE dan SWOT, dan penentuan prioritas strategi pemasaran
dibuat dengan menggunakan matriks QSP. Berdasarkan skor matriks IE, produk
SunnyGold PT Malindo Food Delight memiliki kondisi internal dan eksternal
yang sedang dengan berada pada sel V (lima) yaitu posisi pertahankan dan
pelihara. Terdapat enam alternatif strategi pemasaran yang dapat dirumuskan dari
hasil matriks SWOT. Prioritas strategi pertama yaitu memperluas distribusi ke
wilayah yang belum dimasuki produk SunnyGold dengan STAS sebesar 7.658.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]