Analisis Proses Keputusan Berkunjung dan Evaluasi Kinerja Agrowisata Kampung Coklat Kabupaten Blitar Jawa Timur
Abstract
Kampung Coklat merupakan sebuah agrowisata yang terdapat di Kabupaten Blitar.
Data jumlah pengunjung per bulan Kampung Coklat adalah berfluktuasi cenderung
menurun, dan konsep tempat wisata yang berbeda dengan agrowisata pesaing
lainnya menjadi penting untuk melihat apa yang menyebabkan pengunjung
memilih Kampung Coklat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
karakteristik pengunjung, proses keputusan konsumen berkunjung dan memberikan
rekomendasi untuk perbaikan kinerja serta memformulasikan strategi perusahaan
agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan per bulan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini analisis tabulasi dan histogram serta Expectation Performance
Analysis (EPA). Hasil dari karakteristik konsumen menunjukkan pengunjung yang
datang didominasi oleh perempuan dan dengan usia 21-26 tahun, sedangkan proses
keputusan berkunjung motivasi berkunjung yaitu untuk hiburan dan rekreasi. Hasil
EPA menunjukkan bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki
adalah penataan kebun, tata ruang yang tidak sempit, dan dekorasi. Hasil dari ketiga
analisis tersebut akan dikaitkan dengan STP perusahaan untuk memformulasikan
strategi yang tepat.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]