Analisis Daya Saing Produk Wooden Furnitures Indonesia di Pasar Internasional
View/ Open
Date
2018Author
Simangunsong, Hanna Sri Meiliani Uli
Simangunsong, Bintang Charles Hamonangan
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekspor produk wooden furnitures Indonesia pada periode 2007-2016. Produk wooden furnitures yang dianalisis terdiri atas wooden furniture for office use (WFO), wooden furniture for kitchen use (WFK), wooden furniture for bedroom use (WFB), dan wooden furniture other than office, kitchen or bedroom use (WOO). Analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) digunakan untuk menganalisis keunggulan komparatif dan kompetitif produk, sedangkan Contant Market Share (CMS) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekspor. Hasil penelitian menunjukkan produk WFB dan WOO memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif yang telah memasuki tahap kematangan. Produk WFK meskipun telah mencapai tahap kematangan, namun keunggulan komparatifnya terus berkurang. Produk WFO belum memiliki keunggulan komparatif dan berada pada tahap pengembangan ekspor. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekspor Indonesia secara positif adalah pertumbuhan standar dan komposisi komoditas, sementara faktor daya saing memberikan kontribusi yang negatif.
Collections
- UT - Forestry Products [2391]