Strategi Pengembangan Usaha Pertanian Organik di PT Agatho Organis Agro, Cisarua, Kabupaten Bogor
View/ Open
Date
2018Author
Putra, Filander Wijaya
Adhi, Andriyono Kilat
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertanian organik pada masa mendatang memiliki peluang yang besar,
ditunjukkan dengan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap produk
organik. Kondisi tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan signifikan dari
usaha pertanian organik di Indonesia. PT Agatho Organis Agro sebagai salah satu
produsen produk organik di Indonesia memerlukan rancangan strategi agar mampu
berkontribusi secara konsisten dalam memenuhi permintaan konsumen yang
meningkat tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor internal
dan eksternal perusahaan, sehingga dapat merumuskan beberapa alternatif strategi.
Metode yang digunakan yaitu matriks IFE, EFE, I-E, SWOT, QSPM, dan arsitektur
strategik. Matriks IFE dan EFE menunjukkan faktor internal dan eksternal
perusahaan berada pada kondisi rata-rata. Matriks I-E menunjukkan posisi
perusahaan di kuadran lima. Formulasi strategi menggunakan matriks SWOT
menghasilkan 8 alternatif strategi. Strategi prioritas yang dihasilkan oleh matriks
QSP ialah strategi meningkatkan kualitas manajerial perusahaan. Keseluruhan
alternatif strategi dipetakan menggunakan arsitektur strategik dalam 3 periode.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]