Analisis Sikap dan Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Kasus Mahasiswa Strata 1 Institut Pertanian Bogor)
View/ Open
Date
2018Author
Lestari, Nur Aditiya
Hafidhuddin, Didin
Ali, Khalifah Muhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen yang melakukan pembelian Teh Pucuk Harum, untuk mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian Teh Pucuk Harum, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian Teh Pucuk Harum dan menganalisis sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang dimiliki oleh Teh Pucuk Harum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis multiatribut Fishbein dan analisis faktor. Karakteristik konsumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari jenis kelamin, usia, asal daerah, tempat tinggal saat ini, pengeluaran tiap bulan dan sumber dana. Berdasarkan hasil analisis faktor terdapat enam faktor yang terbentuk, yaitu faktor citra merek, faktor kebiasaan, status sebagai mahasiswa, faktor budaya, faktor prestige atau rasa gengsi, faktor kepraktisan mengonsumsi. Hasil perhitungan Fishbein menunjukkan bahwa Teh Pucuk Harum memiliki skor sikap lebih tinggi dibandingkan dengan Teh Botol Sosro yaitu sebesar 16.14 dan 15.56. Hal ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan Teh Pucuk Harum lebih disukai responden.