Persepsi Rekreasional Penonton Perempuan Terhadap Tayangan Televisi Indonesia (Home Based Recreational Indoor Leisure).
View/ Open
Date
2018Author
Gustiarini, Anastasia
Avenzora, Ricky
Teguh, Frans
Metadata
Show full item recordAbstract
Rutinitas yang dilakukan mendorong individu untuk mengalihkan
kejenuhannya melalui leisure dan rekreasi saat waktu luang mereka. Televisi
menjadi pilihan banyak masyarakat dalam memanfaatkan waktu luang. Penerapan
waktu luang rekreasi pada gaya hidup mahasiswi menjadi fokus penelitian karena
mahasiswi akan berperan sebagai ibu dan menjadi madrasah pertama dalam
mendidik anak-anaknya. Terdapat tiga tayangan yang akan dianalisis serta dikaji
yaitu Mata Najwa-Metro TV, Silet-RCTI, dan My Trip My Advanture-Trans TV.
Analisis mencakup persepsi, motivasi, dan preferensi penonton. Content tayangan
seperti apa yang mampu membuat mahasiswi menjadi penonton setia dan
membuat tayangan tersebut menjadi tontonan wajib. Apakah persepsi, motivasi,
dan preferensi penonton terpenuhi sehingga tidak membuang-buang waktu atau
membunuh waktu sehingga tujuan rekreasi dapat tercapai. Penelitian akan
memetakan karakteristik penonton dan menganalisis persepsi, motivasi, dan
preferensi mereka. Responden yang merupakan mahasiswi menunjukkan
perbedaan ketertarikan atas ketiga tayangan. Mahasiswa Universitas Lampung,
IAIN Raden Intan Lampung, dan STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki
motivasi cukup tinggi untuk menonton tayangan Mata Najwa dan My Trip My
Advanture, sedangkan untuk tayangan infotainment Silet motivasi responden
cenderung biasa saja. Persepsi rekreasional tertinggi untuk tayangan Mata Najwa
dengan skor 6,4 terletak pada aspek penggalian informasi oleh Najwa Shihab.
Persepsi rekreasional tertinggi untuk tayangan My Trip My Advanture dengan
skor 5,7 terletak pada aspek penampilan host (host appereance) yang dinilai
memiliki energi dan semangat petualangan, sedangkan untuk tayangan Silet
responden menilai seluruh kriteria persepsi rekreasional yaitu biasa saja
ditunjukkan dengan skor empat. Nilai atas preferensi terhadap waktu ditunjukkan
hasil yang sama untuk ketiga tayangan yaitu ditayangan pada akhir pekan atau
Sabtu-Minggu dengan jam penayangan prime time yaitu pukul 19.00-22.00.
Berdasarkan karakteristik responden dari tiga universitas diperoleh hasil bahwa
tidak ada hubungan antara karakteristik terhadap persepsi, motivasi, dan
preferensi.
Collections
- MT - Forestry [1412]