Pemodelan Kepuasan Konsumen Melalui Aspek Bauran Pemasaran pada Produk Minuman.
View/ Open
Date
2018Author
Hidayati, Arini
Suharjo, Budi
Sumarno, Hadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemodelan kepuasan pelanggan terhadap produk minuman dapat didasarkan
pada teori Kotler dan Armstrong yaitu bauran pemasaran. Pemodelan yang
dilakukan pada umumnya menggunakan seluruh data sampel yang diperoleh tanpa
melihat karakteristik dari sampel itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah
memperoleh model yang lebih baik dengan membagi sampel ke dalam beberapa
cluster. Pemodelan dilakukan baik untuk data keseluruhan serta setiap cluster.
Semua uji kebaikan model menunjukkan bahwa ada 2 cluster yang optimal.
Pemodelan yang dilakukan menunjukkan bahwa model pada sampel yang telah
dikelompokkan menunjukkan perilaku konsumen pada masing-masing cluster
dengan karakteristik yang homogen. Dengan begitu, model dapat memberikan
interpretasi yang lebih menggambarkan keadaan sesungguhnya.
Collections
- UT - Mathematics [1444]