Strategi Bisnis Peternakan Sapi Perah di Mandiri Farm, Kabupaten Bogor.
Abstract
Mandiri Farm merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam usaha
peternakan sapi perah yang berdiri sejak tahun 1997. Mandiri Farm belum mampu
bersaing dalam usaha peternakan sapi perah. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang
dihadapi oleh Mandiri Farm, merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan
dalam pengembangan usaha Mandiri Farm, dan merumuskan prioritas strategi dari
alternatif strategi pengembangan peternakan sapi perah Mandiri Farm. Metode
yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Alat analisis yang
digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan
Matriks QSPM. Matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa usaha memiliki kondisi
internal dan eksternal rata-rata atau sedang. Ada lima alternatif strategi yang
dihasilkan berdasarkan Matriks SWOT dan strategi prioritas utama yang dihasilkan
melalui Matriks QSPM yaitu penetrasi pasar melalui pengembangan kandang sapi
di wilayah baru.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]