Efektivitas Website sebagai Media Komunikasi Pemasaran Desa Wisata.
Abstract
Desa wisata merupakan salah satu alternatif wisata yang memanfaatkan alam dan budaya khas setempat sebagai atraksi untuk menarik wisatawan. Dewasa ini, terdapat berbagai media promosi yang dapat digunakan dalam memasarkan desa wisata, salah satunya adalah website. Efektivitas media website yang digunakan dalam promosi desa wisata dipengaruhi oleh keterdedahan wisatawan terhadap internet yang dapat dilihat dari unsur AIDA yaitu aspek attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan) dan action (tindakan). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis efektivitas penggunaan website sebagai media pemasaran desa wisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Penelitian ini mengambil 40 responden dengan teknik Accidental Sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan efektivitas pada tiap tahap AIDA, pada tahap attention dan interest penggunaan website efektif, namun memasuki tahap desire dan action efektivitas penggunaan website rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan website adalah karakteristik website dan keterdedahan masyarakat terhadap website.