Persepsi Konsumen mengenai Desain Kemasan dalam Membentuk Citra Merek Sunshine Tea
View/ Open
Date
2018Author
Arliyanti, Siti Nurcahyani
Kusumastuti, Yatri Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Menjual suatu produk dibutuhkan komunikasi yang mampu menarik minat pasar, salah satunya dalam bentuk desain kemasan. Kemasan mampu membentuk persepsi konsumen untuk membelinya. Persepsi yang telah terbentuk dapat membantu meningkatkan atau menurunkan citra merek suatu produk. Hal tersebut yang menjadikan pelaku pemasaran termasuk UMKM perlu menaruh perhatian lebih untuk meningkatkan kualitas produk dengan kegiatan pengemasan. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen tentang desain kemasan Sunshine Tea dalam membentuk citra merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui metode survei dengan didukung data kualitatif sebagai pendukung. Sampel berjumlah 45 orang konsumen Sunshine Tea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk penyusunan elemen desain kemasan dilakukan secara sistematis dan menghasilkan persepsi konsumen tentang elemen desain kemasan pada produk yaitu sudah cukup sesuai dengan memiliki citra yang netral. Selain itu, elemen desain kemasan Sunshine Tea berupa ilustrasi dan bentuk secara signifikan berkorelasi dengan citra merek.