Hubungan Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility dengan Kemandirian Masyarakat (Kasus: Program CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, di Desa Bantarjati, Kec. Klapanunggal, Kab. Bogor, Jawa Barat).
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan dengan menitikberatkan pada keseimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan penerapan prinsip pengembangan pengembangan masyarakat dengan keberhasilan program CSR Indocement dan keberhasilan program CSR dengan kemandirian masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif didukung data kualitatif. Berdasarkan hasil uji menggunakan SPSS 22.0 for Windows, tingkat penerapan prinsip pengembangan masyarakat dan tingkat keberhasilan program CSR berada pada kategori sedang. Pada tingkat kemandirian masyarakat menurut indeks kemandirian desa termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara tingkat penerapan prinsip pengembangan masyarakat dengan tingkat keberhasilan program CSR dan hubungan yang kuat antara tingkat keberhasilan program CSR dengan tingkat kemandirian masyarakat.