Implementasi Pembinaan Program Forum Komunikasi UMKM terhadap Kinerja Pelaku UMKM di Kelurahan Bantarjati, Kota Bogor
Abstract
Implementasi program pembinaan UMKM dalam membentuk suatu praktek UMKM yang ideal dipengaruhi oleh faktor input, proses dan output pembinaan program UMKM tersebut. Faktor input diukur dari karakteristik individu pelaku UMKM yang mayoritas pada masa dewasa pertengahan, pendidikan di dominasi oleh tingkat SMA yang rata-rata pelaku usaha menjalankan usaha kurang dari 10 tahun dan mayoritas hanya satu kali mengikuti pelatihan, faktor proses diukur dari program pembinaan UMKM sedangkan faktor output dilihat dari kinerja pelaku UMKM. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif berupa kuesioner, didukung data kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan nyata antara karakteristik individu dengan program pembinaan, karakteristik individu umumnya tidak memiliki hubungan nyata dengan kinerja pelaku UMKM, hanya pada tingkat pendidikan memiliki hubungan nyata negatif dengan tingkat penjualan, sedangkan program pembinaan memiliki pengaruh nyata terhadap peningkatan kinerja pelaku UMKM (pada tingkat pendapatan, peningkatan jumlah konsumen, dan tingkat persaingan).