Analisis Strategi Pemasaran Restoran (Studi Kasus: Restoran Pawon Cikunir, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya).
View/ Open
Date
2018Author
Trianggiani, Helgina
Asmarantaka, Ratna Winandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Restoran Pawon Cikunir merupakan salah satu restoran yang menyajikan
sajian makanan khas sunda di Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan strategi pemasaran yang telah dijalankan dan merumuskan
alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan Restoran Pawon Cikunir. Pada
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif tabulasi
dan presentase. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan di Restoran
Pawon Cikunir, maka dapat disimpulkan bahwa pihak restoran telah melakukan
strategi pemasaran yang sesuai dengan persepsi konsumen dengan menjalankan
bauran pemasaran Tujuh P (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang dan
sarana fisik) dan STP (segmentasi, target dan posisi). Segmentasi Restoran Pawon
Cikunir adalah konsumen yang telah bekerja dan bekeluarga. Target pasarnya
yaitu konsumen menengah ke atas. Posisi Restoran Pawon Cikunir adalah restoran
khas sunda. Hal ini singkron dengan penilaian kepada konsumen berdasarkan
karakteristik responden konsumen. Berdasarkan hasil persepsi konsumen, terdapat
tiga dari 20 variabel bauran pemasaran yang belum efektif dijalankan oleh
Restoran Pawon Cikunir.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]