Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen terhadap Kopi Nescafe Ready to Drink di Kota Bogor.
Abstract
Kopi ready to drink merupakan peluang bisnis. Adanya persaingan antara
Nescafe (diluncurkan tahun 2000 an) dengan Good Day dan Kopiko 78C
(diluncurkan tahun 2013) dimana top brand index dan brand share Nescafe memiliki
tren menurun sedangkan Good Day dan Kopiko 78 meningkat. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis proses keputusan pembelian, sikap, dan kepuasan konsumen
terhadap kopi Nescafe ready to drink sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam
pengambilan keputusan bagi Nestle Indonesia. Responden sebanyak 130 orang
dengan metode convenience sampling. Analisis deskriptif digunakan pada
karakteristik konsumen dan proses keputusan pembelian. Analisis sikap konsumen
menggunakan multriatribut Fishbein dan kepuasan konsumen menggunakan
Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasilnya, skor sikap Nescafe sebesar 200.32, Kopiko 78C sebesar 192.31, dan Good
Day sebesar 204.79. Hal ini mengindikasikan bahwa sikap konsumen terhadap
Nescafe kurang diminati dibandingkan Good Day. Kepuasan konsumen kopi Nescafe
ready to drink sebesar 75.6 persen. Prioritas utama yang perlu diperbaiki adalah
harga yang terjangkau dan harga yang sesuai dengan mutu minuman.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]