Kesesuaian Ukuran Kapal dengan Dokumen pada Kapal Longline di Palabuhanratu.
View/ Open
Date
2018Author
Nugraha, Faizal Rivaldi
Soeboer, Deni Achmad
Imron, Mohammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Markdown merupakan terteranya gross tonnage (GT) kapal pada dokumen yang tidak sesuai dengan fisik kapal sesungguhnya. Markdown menimbulkan banyak kerugian baik dari pihak pemerintah maupun pemilik kapal. Sehingga Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menerbitkan peraturan nomor UM.003/47/16/DJPL/15 tentang verifikasi atau pengukuran ulang, untuk menanggulangi praktik markdown. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kesesuaian data GT kapal pada dokumen dengan pengukuran ulang cek fisik kapal; Menghitung dan membandingkan GT kapal dengan rumus Perla dan Nomura; Menghitung GT kapal berdasarkan LOA serta membandingkan dengan hasil pengukuran ulang. Analisis data menggunakan analisis kesesuaian GT kapal dan analisis pengukuran GT kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 31 kapal longline yang bersandar pada saat penelitian. Total 31 kapal longline tersebut terbukti 100% GT kapal pada dokumen awal tidak seseuai dengan fisik sesungguhnya (markdown). Rasio dimensi kapal longline terhadap panjang keseluruhan (LOA) mempunyai rasio dimensi panjang (Ldek) 0.9, lebar (B) 0.23, dalam (D) 0.1, serta rasio dimensi kapal volume superstructure (Va) terhadap volume dibawah dek (Vb) sebesar 0.36. Hasil perhitungan GT berdasarkan rumus Perla dan Nomura pada kapal longline di PPN Palabuhanratu mempunyai selisih GT berdasarkan Ldek dengan persamaan y = 0.7581e0.1201x. Perhitungan GT berdasarkan LOA yang dibandingkan dengan pengukuran ulang Syahbandar mempunyai selisih GT dengan persamaan y = 0.0233e0.2243x.