Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan di Chicken Corner 7 Tangerang
Abstract
Chicken Corner 7 merupakan salah satu waralaba lokal yang menawarkan produk ayam goreng dengan ukuran besar dan harga yang relatif terjangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen, keputusan pembelian konsumen, dan kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Chicken Corner 7. Kuesioner survei dilakukan pada bulan Maret 2017 dengan jumlah responden seratus orang. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Chicken Corner 7 terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Kota Tangerang. Karakteristik konsumen Chicken Corner 7 adalah mayoritas laki-laki, tinggal di Tangerang, usia 18-25 tahun, bekerja sebagai pegawai swasta, pendidikan terakhir SMA, tidak menikah, dan pengeluaran per bulan Rp3 500 000 ke atas. Keputusan pembelian tidak direncanakan, sumber informasi melalui papan nama, frekuensi kunjungan satu minggu sekali, waktu berkunjung pada siang dan sore hari. Hasil CSI berada pada level 78.87 persen yang berarti sangat puas. Hasil IPA menunjukkan beberapa atribut untuk diperbaiki yaitu ketersediaan wastafel dan toilet yang bersih, penyajian pesanan cepat, tidak membiarkan pelanggan menunggu dan berdiri lama ketika tempat penuh, serta sopan dan ramah dalam bersikap dan berkomunikasi.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]