Memahami Kemacetan Kota Bogor Menggunakan Analisis Jalur
View/ Open
Date
2017Author
Putra, Muhammad Febryanto
Notodiputro, Khairil Anwar
Wijayanto, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemacetan masih menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil di perkotaan, salah satunya adalah di Kota Bogor. Menurut survei yang dilakukan Waze (aplikasi navigasi dan lalu lintas) pada tahun 2016, Kota Bogor adalah kota paling tidak ramah kedua di dunia untuk pengemudi kendaraan. Penulis menggunakan aplikasi yang sama mencoba memahami lebih dalam apa yang menyebabkan kemacetan di Kota Bogor, dibantu dengan analisis jalur dapat terlihat bahwa Jalan Padjajaran (Lippo Plaza Kebun Raya – Tugu Kujang) memberikan kontribusi kemacetan secara langsung terbesar untuk Jalan Jalak Harupat. Jalan Otto Iskandardinata memberikan kontribusi kemacetan secara langsung terbesar pada rute Jalan Padjajaran (Lippo Plaza Kebun Raya – Tugu Kujang). Jalan Surya Kencana dan Jalan R. Saleh S. Bustaman memberikan kontribusi kemacetan secara langsung terbesar untuk Jalan Otto Iskandardinata. Jalan Jalak Harupat memberikan kontribusi kemacetan secara langsung terbesar untuk rute Jalan Ir H Juanda. Selain pengaruh langsung terdapat juga pengaruh tidak langsung dan faktor lain diluar model yang memengaruhi kepadatan lalu lintas di rute jalan primer di lingkar Kebun Raya Bogor. Faktor lain tersebut bisa jadi disebabkan oleh kendaraan yang masuk atau keluar melalui rute-rute jalan lain yang tidak terobservasi.