Pengembangan Model Bisnis Beras Analog
View/ Open
Date
2018Author
Supriadi, Jejen
Hermawan, Aji
Yuliasih, Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
PT.FITS Mandiri sebagai produsen beras analog memiliki potensi dalam
mengembangkan bisnisnya. Beras analog merupakan alternatif makanan yang
baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus, obesitas dan individu yang
peduli terhadap kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan
pengembangan model bisnis beras analog PT.FITS Mandiri. Penelitian dilakukan
dalam tiga tahap yaitu mengidentifikasi model bisnis beras analog, menganalisis
faktor internal dan eksternal untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman melalui analisis SWOT dan pada tahap akhir mengembangkan alternatif
model bisnis beras analog yang dapat dilakukan oleh perusahaan.
Hasil penelitian menyarankan kepada perusahaan agar mengubah model
bisnisnya dengan alternatif model bisnis baru. Alternatif model bisnis yang dapat
dilakukan oleh perusahaan, yaitu pada proposisi nilai, perusahaan harus
memperbaiki rasa dan aroma jagung yang masih kuat dan melakukan
pengembangan produk-produk siap saji untuk memperluas segmen pelanggan
yang berbeda, diantaranya penderita kurang gizi. Perusahaan dapat meningkatkan
jaringan distribusi pemasaraan dan membuka Saluran baru dengan rumah sakit,
apotik dan rumah makan karena Saluran ini berpotensi dapat membantu
perusahaan dalam memasarkan beras analog. Arus pendapatan lainnya yang dapat
diperoleh perusahaan yaitu penjualan paket teknologi yang dapat tawarkan kerja
sama dengan pemerintah pusat atau daerah. Perusahaan dapat mendekatkan lokasi
produksi ke sumber bahan baku yang beragam dalam mengatasi ketersediaan
bahan baku.
Collections
- MT - Agriculture Technology [2271]