Strategi Pengembangan Perusahaan Pengolahan Kopi Gayo di Banda Aceh (Studi Kasus: CV Sada Coffee).
View/ Open
Date
2017Author
Darmansyah, Dedy
Baga, Lukman Mohammad
Hermawan, Aji
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan CV Sada Coffee adalah perusahaan yang melakukan pengolahan
kopi dengan menerapkan sistem aktivitas kunci mulai dari usaha tani sampai
pengolahan dan pemasaran dalam bentuk biji, bubuk ataupun minuman kopi. Bahan
baku kopi yang digunakan sudah terkontrol dari perkebunan sendiri sehingga
perusahaan tersebut memiliki kepastian kualitas dan kuantitas. Potensi yang
dimiliki CV Sada Coffee masih belum bisa dimaksimalkan oleh pemilik perusahaan.
Hal tersebut terlihat dengan kondisi pasar produk CV Sada Coffee masih belum
berkembang dibandingkan dengan pasar yang dimiliki oleh perusahaan yang tidak
memiliki potensi sama. Beberapa varian produk yang dimiliki CV Sada Coffee saat
ini telah memiliki sertifikat Cupping Score by Gayo Cupper. Inovasi terus
dikembangkan oleh pemilik CV Sada Coffee dalam memperluas pasar produknya.
Tujuan penelitian utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi
dalam pengembangan perusahaan CV Sada Coffe sebagai perusahaan pengolahan
kopi gayo di Banda Aceh dengan melihat model perusahaan, kondisi lingkungan
bisnis dan transformasi yang harus dilakukan oleh pemilik CV Sada Coffee.
Penelitian ini dilakukan di CV Sada Coffee Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh pada
bulan Februari 2017 – April 2017 menggunakan data primer dan data sekunder
melalui obeservasi, kuesioner, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi.
Metode analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan pertama dan ketiga adalah
Bisnis Model Canvas, sedangkan untuk menjawab tujuan kedua menggunakan
analisis SWOT dan analisis lingkungan bisnis.
Pemetaan BMC memperlihatkan bahwa konsumen penikmat kopi dan
pengusaha coffee shop sebagai costumer segment. Hasil strategi SWOT dan FGD
terdapat enam langkah yang akan ditempuh oleh perusahaan CV Sada Coffee untuk
bertahan dan berkembang dalam persaingan pasar. Sehingga model bisnis saat ini
akan melakukan 6 langkah inovasi dan solusi perusahaan yaitu (1) produk khusus
untuk non pekerja khususnya mahasiswa, (2) pelaksanaan cupping test, (3)
penjualan paket mesin dan kopi untuk pengusaha coffee shop, (4) wisata kopi, (5)
pembatasan fasilitas internet, (6) perbaikan sistem kontrol distribusi, peningkatan
kualitas peralatan dalam penakaran dan input data transaksi yang lebih baik pada
bagian kasir.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]