Analisis Pemasaran Kopi Robusta di Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan.
Abstract
Produksi kopi robusta di Kecamatan Banding Agung pada Kabupaten OKU Selatan memiliki skala produksi yang bervariasi. Sehingga dengan skala produksi yang bervariasi, pelaku usaha kopi robusta memiliki saluran pemasaran yang berbeda sesuai dengan keterbatasan pasokan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem tataniaga dan efisiensi tataniaga kopi robusta. Metode pengambilan contoh menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan daerah dan sample petani, kemudian snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Metode analisis data yang digunakan adalah metode marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan atas biaya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 saluran pemasaran yang terbentuk (1) petani – pedagang pengepul Desa – pedagang pengepul Kecamatan – eksportir. (2) petani – pedagang pengepul Kecamatan – eksportir. Berdasarkan hasil penelitian saluran pemasaran yang dianggap efisien adalah saluran pemasaran ke-2 yang diindikasikan oleh nilai marjin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan atas biaya.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]