Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan di Jakarta Islamic Index.
Abstract
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan tolak ukur pelaporan kinerja
sosial berbasis Islami pada perusahaan-perusahaan. Namun demikian,
perkembangan ISR saat ini belum berkembang pesat di Indonesia karena belum
ada regulasi yang mengatur standar pelaporan tanggung jawab sosial secara
syariah. Peningkatan pengungkapan kinerja sosial Islami diharapkan
memengaruhi keputusan investor muslim dalam memilih saham syariah di
perusahaan Jakarta Islamic Index. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan secara syariah dan faktor-faktor
yang memengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
regresi data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model (FEM). Hasil analisis
menunjukkan bahwa dari lima variabel yang diduga memengaruhi tingkat
pengungkapan ISR, tiga variabel yaitu ukuran perusahaan berpengaruh positif,
umur perusahaan dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap
pengungkapan ISR. Dua variabel lainnya yaitu jumlah dewan komisaris dan
profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR.