Analisis Kepuasan Konsumen Coffee Shop Taman Kopi Serang di Kota Serang serta Implikasinya terhadap Bauran Pemasaran.
Abstract
Tren bisnis coffee shop yang tengah berkembang dirasakan pula di Kota
Serang. Munculnya tiga belas coffee shop pada tahun 2016 merupakan
peningkatan terbesar perkembangan coffee shop di Kota Serang. Salah satu coffee
shop yang mengikuti perkembangan ini adalah Coffee Shop Taman Kopi. Pihak
pengelola Coffee Shop Taman Kopi perlu menganalisis perilaku konsumen dan
mengetahui keinginan serta kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini
bertujuan menganalisis karakteristik konsumen, keputusan pembelian konsumen,
tingkat kepuasan konsumen serta implikasinya terhadap bauran pemasaran untuk
mempermudah pengelola dalam menentukan strategi bauran pemasaran yang tepat.
Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfication Index
dan Importance Performance Analysis dengan melibatkan 86 orang responden.
Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli 2017. CSI sebesar 73.13 persen
menunjukkan sebagian besar konsumen merasa puas akan kinerja yang diberikan
oleh Coffee Shop Taman Kopi. Namun, terdapat beberapa atribut yang memiliki
tingkat kinerja yang rendah. Metode IPA menunjukkan atribut tampilan barista,
jam operasional, Wi-fi, toilet dan Mushalla, serta event yang diselenggarakan
sebagai atribut yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dan tingkat kinerja
yang rendah.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]