Pengaruh Karakteristik Sosial, Demografi dan Ekonomi serta Gaya Hidup terhadap Keberdayaan Konsumen di Bidang Telekomunikasi.
View/ Open
Date
2017Author
Putri, Riska Rahma Eka
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Perubahan lingkungan global dan perkembangan teknologi telekomunikasi
yang berlangsung sangat cepat mendorong terjadinya perubahan mendasar,
melahirkan telekomunikasi yang baru, dan perubahan cara pandang dalam
penyelenggaraan telekomunikasi. Hal tersebut dapat mengakibatkan konsumen
lebih mudah terkena penipuan. Supaya konsumen terhindar dari kerugian,
konsumen membutuhkan keahlian dan pengetahuan yang lebih dibandingkan
dengan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh karakteristik
sosial, demografi dan ekonomi serta gaya hidup terhadap keberdayaan konsumen
di bidang telekomunikasi. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional
study dengan metode pengumpulan data adalah secara online. Contoh pada
penelitian ini yaitu konsumen yang menggunakan jasa telekomunikasi (modem
dan provider telepon seluler yang digunakan untuk mengakses internet, SMS
(Short Message Service) dan telepon). Data dianalisis secara deskriptif dan
inferensia. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik
sosial, karakteristik demografi, karakteristik ekonomi, gaya hidup dan indeks
keberdayaan konsumen. Analisis inferensia digunakan untuk analisis kluster dan
regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen yang paling
berdaya adalah perempuan dewasa awal (17-40 tahun), pendidikan tinggi, dan
pendapatan lebih dari Rp 1.500.000 per bulan. Gaya hidup fullfilleds berpengaruh
negatif signifikan terhadap keberdayaan konsumen di bidang telekomunikasi.