Analisis Kepuasan Konsumen dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran di Restoran Warung Petualang, Jakarta Selatan.
Abstract
Pertumbuhan penduduk yang meningkat menyebabkan kebutuhan akan pangan
juga ikut meningkat. Meningkatnya kebutuhan pangan menjadi peluang pelaku
bisnis untuk membuat restoran, sehingga menimbulkan persaingan. Warung
Petualang merupakan restoran yang bertema petualangan yang berada di tengah
persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik
konsumen, tingkat keputusan pembelian, tingkat kepuasan konsumen, serta
implikasinya terhadap strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung
dan kinerja Warung Petualang, Tebet, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, Uji Validitas, Uji reabilitas, Costumer
satisfaction index (CSI), dan Importance performance analysis (IPA). Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang, dilakukan pada Juli sampai
Agustus 2017. Hasil perhitungan CSI adalah sebesar 84.18 persen yang artinya
konsumen merasa sangat puas dengan kinerja dan produk. Hasil perhitungan IPA
menunjukkan beberapa atribut yang harus diperbaiki, karena atribut tersebut
menjadi prioritas namun tingkat kinerja masih rendah, yaitu kehigienisan
makanan dan minuman, rasa, dan kecepatan penyajian.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]