Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Wisatawan Berkunjung Kembali ke D’Kandang Amazing Farm dan Implikasinya terhadap Bauran Pemasaran
Abstract
D'Kandang Amazing Farm adalah salah satu agrowisata di Kota Depok,
Jawa Barat yang memiliki konsep bisnis agroeduwisata. Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor apa saja yang memengaruhi
wisatawan berkunjung kembali ke D'Kandang dan memberikan rekomendasi untuk
bauran pemasarannya. Metode penelitian menggunakan Model Analisis Regresi
Logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 variabel bebas nominal yang
diprediksi, ada empat faktor yang signifikan pada tingkat 5% dan ada dua faktor
yang signifikan pada tingkat 20% dalam memengaruhi wisatawan berkunjung
kembali ke D'Kandang. Keempat faktor tersebut adalah suasana, penampilan, nilai
edukatif, dan ketersediaan fasilitas pendukung. Dua faktor lainnya adalah
pelayanan karyawan dan kebersihan. Sedangkan pada hasil lainnya, dari empat
variabel bebas rasio yang dianalisis, ada tiga variabel yang signifikan pada tingkat
10%. Ketiga variabel tersebut adalah umur, frekuensi kunjungan, dan jarak tempuh.
Hasil ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi pihak pengelola untuk
merumuskan bauran pemasaran yang lebih baik bagi D'Kandang Amazing Farm di
masa depan.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]