Strategi Pemasaran Tepung Umbi-Umbian Kelompok Tani Setia, Desa Cikarawang Bogor
View/ Open
Date
2017Author
Herdiansyah, Muhammad Fadli
Krinamurthi, Bayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Poktan Setia merupakan kelompok tani yang aktif memproduksi tepung ubi jalar ungu dan tepung mocaf di Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran Poktan Setia serta merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Poktan Setia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriptif, (2) analisis rata-rata tertimbang, (3) Multi Atribut Fishbein, (4) matriks SWOT, dan (5) Arsitektur Strategi Termodifikasi. Pada analisis deskriptif, analisis rata-rata tertimbang, dan Multi Atribut Fishbein diperoleh faktor penting kekuatan dan kelemahan Poktan Setia dalam lingkungan internalnya serta faktor penting peluang dan ancaman dalam lingkungan eskternalnya. Matriks SWOT menghasilkan 11 strategi yang dapat diterapkan oleh Poktan Setia dan Arsitektur Strategi Termodifikasi menghasilkan 32 program-program pemasaran yang dipetakan per bulan dimulai dari Oktober 2017 hingga Oktober 2018.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]