Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Orange Resto Bogor
Abstract
Orange Resto merupakan salah satu dari banyaknya restoran yang ada di
Kota Bogor. Semakin ketatnya persaingan dalam bidang usaha sejenis berdampak
pada jumlah pengunjung yang datang ke Orange Resto. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian
konsumen, dan tingkat kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance
Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
mayoritas konsumen Orange Resto adalah perempuan, berdomisili di Bogor,
rentang usia 21-30 tahun, pendidikan terakhir SMA, status pernikahannya belum
menikah, pekerjaannya pelajar/mahasiswa, dengan pendapatan per bulan antara
Rp500 000-Rp1 499 999, dan pengeluaran untuk makanan per bulan Rp501 000-
Rp750 000. Hasil penelitian menunjukkan nilai Customer Satisfaction Index (CSI)
sebesar 74.67 persen yang menandakan bahwa sebagian besar konsumen Orange
Resto merasa puas. Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan
bahwa atribut harga makanan, kesesuaian antara harga dengan porsi makanan, dan
kecepatan penyajian merupakan prioritas utama dalam perbaikan kinerja untuk
meningkatkan kepuasan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]