Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Jus Belimbing Merek Totoka Pada CV Winner Perkasa Indonesia Unggul Kota Depok
Abstract
Produksi terbesar buah-buahan di Kota Depok tahun 2016 berasal dari buah
belimbing. CV Winner Perkasa Indonesia Unggul (WPIU) melakukan pengolahan
terhadap belimbing grade C yang tidak laku di pasaran untuk dapat memberikan
nilai tambah. Produk olahan belimbing yang diproduksi oleh CV WPIU adalah jus
belimbing dengan merek Totoka. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan merekomendasikan
bauran pemasaran. Data dikumpulkan dari 100 responden yang dipilih dengan
metode convenience sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode
deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction
Index (CSI). Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik konsumen didominasi
oleh kalangan muda dan produktif. Pada proses pengambilan keputusan atribut rasa
khas belimbing menjadi atribut yang paling dipertimbangkan. Hasil perhitungan
CSI untuk konsumen jus belimbing Totoka yaitu 86 persen. Kesimpulannya adalah
produk jus belimbing Totoka sudah dapat memuaskan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]