Penerapan Analisis Konjoin untuk Menentukan Preferensi Konsumen terhadap Penggunaan Jasa Ojek Online (Studi Kasus: Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Dramaga).
View/ Open
Date
2017Author
Dewi, Anindita Komala
Susetyo, Budi
Silvianti, Pika
Metadata
Show full item recordAbstract
Jasa transportasi di Indonesia terus mengalami perkembangan dalam bidang
teknologi. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya transportasi online berbasis
aplikasi. Salah satu jenis transportasi online yang paling banyak adalah ojek
online. Banyaknya merek ojek online dengan berbagai macam produk dan fasilitas
yang ditawarkan, menyebabkan masalah tersendiri bagi pengusaha ojek online.
Maka dari itu, diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui hal-hal apa saja yang
menjadi preferensi konsumen dalam menggunakan jasa ojek online. Salah satu
metode yang dapat menjelaskan terkait preferensi konsumen adalah metode
konjoin. Data yang digunakan berupa data metrik dengan evaluasi rating terhadap
kombinasi level dari masing-masing atribut. Berdasarkan nilai dari nilai relatif
penting (NRP) pada hasil analisis konjoin atribut fitur aplikasi sangat diutamakan.
Sedangkan, nilai kegunaan level (NKL) menunjukkan mahasiswa cenderung lebih
menyukai harga tidak bergantung rush hour, cara pembayaran tunai, driver
memberikan masker, driver tidak menggunakan seragam, fitur aplikasi
menampilkan identitas driver & identitas motor, terdapat notes lokasi pick up &
tujuan, serta dapat mengetahui titik-titik kemacetan.