Pengaruh Karakteristik Sosial, Demografi dan Ekonomi terhadap Keberdayaan Konsumen pada Pembelian Online.
Abstract
Internet telah menjadi sarana yang umum digunakan untuk proses kegiatan penjualan dan pembelian. Pertumbuhan internet sebagai tempat transaksi penjualan dan pembelian tidak diimbangi dengan payung hukum yang jelas. Konsumen saat ini lebih rentan terjebak dalam penipuan sehingga pemberdayaan konsumen sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik sosial, demografi dan ekonomi terhadap keberdayaan konsumen pada pembelian online. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study terhadap 100 orang yang melakukan pembelian online menggunakan online survey. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensia. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelian online responden laki-laki, berusia dewasa awal (19-24 tahun), berpendidikan tinggi (>12 tahun), bertempat tinggal di perkotaan, suku Jawa, berpendapatan <1 000 000 per bulan dan bekerja adalah responden yang paling berdaya dibandingkan kelompok responden lainnya. Uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa jenis kelamin laki-laki, suku selain Sunda dan pendapatan yang rendah cenderung akan meningkatkan nilai indeks keberdayaan konsumen.