Pengaruh Pengasuhan Penerimaan-Penolakan dan Kelekatan Ibu-Anak terhadap Karakter Disiplin Anak Usia Prasekolah.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengasuhan
penerimaan-penolakan, kelekatan ibu anak terhadap karakter disiplin anak usia
prasekolah. Kriteria contoh pada penelitian ini adalah ibu sebagai pengasuh utama
dan memiliki anak yang bersekolah di PAUD Mawar dan Nurul Fajriah, Desa
Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Penelitian ini melibatkan 36
keluarga dengan anak usia prasekolah yang dipilih secara purposive. Data
dianalisis menggunakan uji chi-square, uji korelasi Pearson dan regresi linear
berganda. Pengasuhan penerimaan dan karakter disiplin anak prasekolah termasuk
dalam kategori rendah. Kelekatan yang terjalin antara ibu dan anak terkategori
cukup baik. Terdapat hubungan positif signifikan antara kelekatan ibu-anak
dengan pengasuhan penerimaan dan karakter disiplin. Hasil uji regresi linear
berganda menunjukkan bahwa lama pendidikan ibu berpengaruh negatif terhadap
karakter disiplin anak, sedangkan pendapatan perkapita dan kelekatan ibu-anak
memiliki pengaruh positif terhadap karakter disiplin anak.