Penerapan Shapley Value dan Selang Kepercayaan Bootstrap dalam Penentuan Peubah Paling Dominan (Studi Kasus pada Mobil MPV Merek PQR tahun 2012).
View/ Open
Date
2017Author
Januarti, Nosiana
Sartono, Bagus
Rizki, Akbar
Metadata
Show full item recordAbstract
Informasi mengenai faktor dengan kontribusi yang besar terhadap minat beli masyarakat cukup diperlukan oleh produsen. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap mobil MPV dengan menggunakan metode Shapley Value. Metode ini memanfaatkan koefisien determinasi semua kemungkinan model untuk menentukan kontribusi peubah. Kesimpulan yang dihasilkan dari metode Shapley Value ini dapat berbeda dengan kesimpulan analisis regresi ketika peubahnya saling berkorelasi. Hal ini berkaitan dengan adanya korelasi antarpeubah dapat menyebabkan hasil analisis regresi menjadi keliru. Prosedur pendugaan selang kepercayaan dengan metode bootstrap yang digunakan, yaitu persentil dan bias-corrected and accelerated (BCa). Selang kepercayaan yang dihasilkan oleh kedua prosedur ini berbeda tergantung dengan sebaran nilai Shapley replikasi bootstrap. Berdasarkan cakupan nilai Shapley yang didapatkan dari kedua prosedur ini, pertimbangan terhadap harga merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat beli masyarakat. Pertimbangan terhadap harga ini memberikan kontribusi yang positif terhadap minat beli. Sementara itu, pertimbangan membeli berdasarkan interior, eksterior dan spesifikasi menduduki peringkat kedua peubah paling dominan.