Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Online Produk Organik di Kecipir.
Abstract
Perkembangan teknologi internet berpengaruh terhadap dunia bisnis.
Banyaknya e-commerce yang menjual berbagi jenis produk, salah satunya produk
agribisnis, membuat pembelian secara online menjadi sebuah tren bagi konsumen.
Kecipir adalah salah satu contoh e-commerce yang menjual produk agribisnis
organik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen
dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian online
konsumen produk organik di Kecipir. Data diperoleh dari 45 responden dengan
metode purposive sampling dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif
menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa konsumen Kecipir didominasi oleh perempuan
yang berusia 25 – 35 tahun, memiliki pendapatan per bulan sebesar Rp 5 000 000 –
Rp 10 000 000, dan berlatar belakang pendidikan tinggi, yaitu Sarjana. Selain itu,
didapatkan hasil bahwa variabel kemudahan, sumber informasi, waktu akses,
promosi, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian online. Sedangkan variabel keamanan memiliki pengaruh positif namun
tidak signifikan.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]