Analisis pendapatan usahatani dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penjualan markisa ungu di Kabupaten Karo.
Abstract
Sumatera Utara merupakan salah satu sentral pengolahan sirup markisa di Indonesia, tetapi informasi mengenai usahatani markisa(Passiflora edulis) masih sangat terbatas. Industri sirup harusnya berimplikasi pada pendapatan petani tetapi penelitian sebelumnya menemukan terdapat kesenjangan keuntungan antara pelaku industri sirup dan petani. Terdapat kemungkinan perbedaan harga jual yang tergantung pada keputusan penjualan petani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan dan efesiensi usahatani dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penjualan markisa ungu. Analisis pendapatan usahatani menggunakan pendekatan biaya dan penerimaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penjualan dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usahatani markisa ungu lebih efesien jika dilakukan di lahan yang memiliki luas kurang dari 0.42 ha dengan nilai R/C atas biaya total sebesar 2.23. Pengalaman usahatani dan status ushatani berpengaruh terhadap keputusan penjualan markisa. Total produksi dan biaya angkut tidak secara signifikan mempengaruhi keputusan penjualan petani markisa.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]