Pengembangan Travel dan Tourism Usability Guidelines dan Evaluasi Situs Resmi Web Travel dan Tourism Negara-Negara ASEAN
Abstract
Situs web travel dan tourism memiliki peran penting sebagai media promosi suatu negara kepada seluruh negara lain di dunia. Keberhasilan sektor pariwisata di negara tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Untuk menarik wisatawan mancanegara, setiap situs web harus memperhatikan informasi yang disajikan pada situs serta usability dalam aspek kenyamanan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini melakukan pengembangan usability guidelines untuk situs web resmi travel dan tourism. Pengembangan usability guidelines menghasilkan 29 kategori dengan 180 guidelines yang digunakan untuk mengevaluasi usability 10 situs resmi web travel dan tourism negara-negara ASEAN. Rata-rata persentase guidelines terpenuhi tertinggi berada pada kategori website identity yaitu sebesar 87.5%. Situs web yang paling banyak memenuhi guidelines adalah situs web negara Malaysia dengan persentase sebesar 61.67%. Berdasarkan uji korelasi Spearman, guidelines yang terbentuk memiliki korelasi positif dengan nilai indikator internet use for business to consumer transactions pada TTCI ICT Readiness 2017.
Collections
- UT - Computer Science [2323]