Model Campuran Tersarang dengan Pengamatan Berulang untuk Analisis Data Penjualan Minuman Kemasan PT XYZ
View/ Open
Date
2017Author
Uswatun, Zaidah Rifah
Notodiputro, Khairil Anwar
Alamudi, Aam
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengevaluasi keberhasilan strategi
pemasaran produk kemasan minuman dengan menganalisa volume data penjualan
produk yang dikumpulkan pada tahun 2016. Penelitian ini telah dilakukan di
sembilan kota besar di Indonesia. Tiga jenis outlet penjualan minuman diamati
yaitu WHS, TFS, dan provision. Data dikumpulkan secara berulang pada waktu
yang berbeda selama tiga periode. Selain itu, ada sembilan kota yang dipilih
secara acak di seluruh Indonesia dan faktor outlet bersarang dalam faktor kota.
Karena kota dipilih secara acak maka kota tersebut menjadi faktor acak dan jenis
outlet juga merupakan faktor acak. Di sisi lain, faktor waktu diperlakukan sebagai
faktor tetap. Berdasarkan sifat hirarkis faktor-faktor ini, maka digunakan model
campuran bersarang dengan pengukuran berulang. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa keragaman volume penjualan antar kota tidak nyata namun keragaman
antar jenis outlet secara statistik nyata. Selain itu, interaksi antara kota dan waktu
tidak nampak, namun interaksi antara jenis outlet dan waktu nyata. Selain iu, tidak
ada pengaruh waktu yang nyata terhadap volume penjualan. Secara umum karena
faktor outlet berkontribusi secara nyata terhadap volume penjualan, produsen
harus lebih memperhatikan dan menerapkan kebijakan yang lebih kuat untuk
meningkatkan kinerja outlet. Selain itu, karena interaksi jenis outlet dan waktu
nyata, terutama interaksi antara TFS dan provision dan waktu, maka produsen
dapat memperkuat strategi penjualan pada masing-masing outlet untuk setiap
waktu.