Penerapan Metode Choice-Based Conjoint untuk Menentukan Produk Popok Kain yang Diminati Konsumen
Abstract
Perkembangan produk popok kain saat ini semakin bervariasi. Produsen
popok kain saling berkompetisi untuk menciptakan produk yang paling diinginkan
oleh semua kalangan konsumen. Sebaiknya produk dirancang dari hasil kompromi
antara produsen dan konsumen dengan memerhatikan kepentingan dan keinginan
konsumen. Analisis konjoin dapat digunakan untuk mengetahui keinginan
konsumen terhadap suatu produk. Salah satu metode pada analisis konjoin yang
dapat digunakan adalah metode Choice-Based Conjoint (CBC). Keunggulan
penggunaan metode CBC terletak pada saat pengumpulan data melalui survei,
yaitu responden diminta untuk memberikan preferensi dengan hanya memilih satu
dari beberapa kombinasi faktor-faktor penyusun produk. Data yang digunakan
pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan survei secara online.
Responden merupakan konsumen online popok kain XYZ. Penelitian ini
bertujuan untuk memperoleh kombinasi faktor-faktor penyusun produk popok
kain yang paling diminati konsumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis
konjoin yang dalam tahapan analisisnya didukung dengan analisis regresi logistik.
Penelitian ini menghasilkan kombinasi faktor-faktor penyusun produk yang paling
diminati konsumen adalah jenis popok pocket, harga maksimal Rp100 000, bahan
insert (penyerap urine) bamboo, dan motif campuran.