Analisis Kinerja Ekspor Komoditas Unggulan Indonesia ke Timur Tengah Periode 2010-2014.
Abstract
Organisasi Kerja sama Islam (OKI) merupakan salah satu peluang Indonesia
dalam meningkatan arus perdagangan ke kawasan Timur Tengah. Penelitian ini
bertujuan menganalisis posisi daya saing dan faktor-faktor yang memengaruhi
ekspor komoditas unggulan Indonesia ke Timur Tengah periode 2010-2014.
Adapun mitra dagang Indonesia yang mewakili kawasan Timur Tengah yaitu Uni
Emirat Arab, Mesir, Iran, Oman, Saudi Arabia dan Turki. Komoditas unggulan
Indonesia di pasar Timur Tengah meliputi produk dari sektor pertanian (HS 1511
dan HS 1517) dan produk dari sektor industri (HS 5407). Hasil analisis RCA
menunjukkan bahwa seluruh komoditas unggulan Indonesia memiliki daya saing
yang tinggi. Posisi pasar komoditas unggulan Indonesia menurut matriks EPD
seluruhnya berada pada rising star. Sementara berdasarkan hasil estimasi fungsi
permintaan ekspor, komoditas dari sektor pertanian memiliki tiga variabel bebas
yang berpengaruh signifikan, yaitu GDP per kapita, jarak ekonomi dan nilai tukar.
Komoditas dari sektor industri memiliki tiga variabel bebas yang berpengaruh
signifikan yaitu GDP per kapita, harga ekspor dan nilai tukar.