Analisis Faktor – Faktor yang Memengaruhi Permintaan Pariwisata Indonesia di Pasar Timur Tengah.
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa negara terbesar diantara empat komoditas primer berupa batubara, karet olahan, dan kelapa sawit. Total sumbangan kegiatan pariwisata pada PDB sebesar 5.83 persen dan mempekerjakan 5.70 persen dari total angkatan kerja. Kedatangan wisatawan yang masih berfluktuatif, neraca jumlah wisatawan yang negatif, dan daya tawar yang masih kalah dengan Malaysia menunjukkan pariwisata Indonesia masih memiliki berbagai tantangan dan permasalahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis permintaan pariwisata Indonesia di pasar Timur Tengah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan ekonometrika dengan mengkombinasikan data deret waktu dan kerat lintang atau model data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM). Hasil analisis data panel menunjukkan bahwa kenaikan permintaan pariwisata Indonesia di Pasar Timur Tengah dipengaruhi signifikan oleh jumlah wisatawan tahun sebelumnya, jumlah hotel berbintang, dan kapasitas bandar udara. Sementara variabel yang menyebabkan penurunan permintaan pariwisata adalah biaya transportasi dan pendapatan perkapita negara asal, sedangkan harga relatif tidak berpengaruh terhadap permintaan pariwisata Indonesia.