Pengaruh Program Corporate Social Responsibility dalam Pembentukan Reputasi Perusahaan
Abstract
Reputasi merupakan suatu aset penting bagi keberlanjutan suatu
perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan untuk menciptakan reputasi yang baik
melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan upaya
perusahaan membangun hubungan yang baik dengan publik eksternalnya, yaitu
masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
pelaksanaan CSR dalam pembentukan reputasi perusahaan dengan kasus
corporate social responsibility yang dilakukan PT Pertamina EP Subang Field di
Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif, yaitu dengan
melakukan uji regresi linear berganda untuk mengetahui variabel-variabel yang
dapat mempengaruhi reputasi. Metode yang digunakan ialah cluster random
sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan CSR sudah
berjalan baik dengan memberikan manfaat kepada masyarakat. Uji-F menunjukan
pelaksanaan CSR secara signifikan mempengaruhi reputasi perusahaan, sementara
hasil uji-t menunjukan bahwa dari tiga variabel hanya variabel kualitas pelayanan
dan keterlibatan dalam penyelesaian masalah berpengaruh secara signifikan
terhadap reputasi perusahaan.