Hubungan Komunikasi Corporate Social Responsibility dengan Reputasi Perusahaan (Kasus: Program CSR PT ANTAM (Persero) Tbk, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)
Abstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan dalam mengurangi dampak dari aktivitas bisnis perusahaannya. Program CSR hendaknya didukung dengan strategi komunikasi agar pelaksanaannya berjalan efektif. Pada masing-masing perusahaan memiliki strategi komunikasi CSR yang berbeda. Pelaksanaan strategi komunikasi CSR ini memberikan dampak pada reputasi perusahaan, hal tersebut merupakan suatu bagian yang sangat penting untuk mendukung keberlanjutan sebuah perusahaan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi strategi komunikasi perusahaan dalam melaksanakan program CSR serta hubungan strategi komunikasi CSR terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif didukung dengan data kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara clustering pada ketiga program yang ada dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara karakteristik pengirim pesan dengan efektivitas pesan CSR, strategi komunikasi dengan efektivitas pesan CSR dan efektivitas pesan CSR dengan reputasi perusahaan.