Analisis Kinerja Ekspor Pakaian Jadi Laki-Laki Indonesia ke Tujuh Negara Uni Eropa
Abstract
Pakaian jadi laki-laki merupakan hasil industri tekstil yang potensial untuk
terus dipertahankan ekspornya ke berbagai negara Uni Eropa. Hadirnya negara
pesaing seperti Vietnam menjadi tantangan bagi Indonesia untuk dapat
mempertahankan posisi pasarnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan gambaran umum ekspor pakaian jadi laki-laki Indonesia ke tujuh
negara Uni Eropa, menganalisis daya saing komparatif dan kompetitif
menggunakan metode Revealed Comparative Advantage dan Porter’s Diamond
Model, serta mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekspor pakaian jadi lakilaki
Indonesia ke tujuh negara Uni Eropa. Analisis RCA menunjukkan Indonesia
memiliki keunggulan komparatif di tujuh negara tujuan ekspor meskipun daya
saingnya masih jauh dari Vietnam. Analisis EPD menunjukkan dinamika ekspor
pakaian jadi laki-laki Indonesia yang memiliki pasar dengan posisi Rising Star di
negara Italia dan Polandia, sedangkan untuk negara Jerman, Perancis, Belgia berada
pada posisi Falling Star, dan di negara Spanyol Retreat. Analisis Porter’s Diamond
menunjukkan Indonesia memiliki daya saing kompetitif. Variabel GDP riil per
kapita, nilai tukar riil efektif, harga ekspor dan kualitas pelabuhan Indonesia
signifikan berpengaruh positif terhadap nilai ekspor, sedangkan variabel jarak
signifikan berpengaruh negatif.