Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Jenis Merek Susu Cair Dalam Kemasan
View/ Open
Date
2017Author
Nurjanah, Naima Eren Jasmine
Tinaprilla, Netti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji dampak ekuitas merek terhadap
kepuasan dan loyalitas pada konsumen susu cair dalam kemasan merek Ultra
Milk, Frisian Flag, dan Indomilk. Dalam hal ini, ketiga merek tersebut berada
dalam persaingan yang ketat untuk menjadi penguasa market share dalam
industri. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui
pengisian kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Total responden yang menjadi
sampel dalam penilitian ini berjumlah 300 orang; masing-masing 100 orang
responden untuk setiap merek yang diteliti. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan diolah dengan bantuan
Software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek,
persepsi kualitas, dan asosiasi merek memiliki pengaruh positif secara signifikan
terhadap kepuasan konsumen merek Ultra Milk, Frisian Flag, dan Indomilk.
Kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap
loyalitas konsumen pada ketiga merek susu cair dalam kemasan.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]