Analisis Sikap Konsumen Terhadap Minuman Cokelat Chocofaza (Kasus Mahasiswa Departemen Agribisnis Strata Satu Angkatan 2014 Institut Pertanian Bogor)
Abstract
Perkembangan UKM minuman cokelat membawa para pelaku dunia usaha ke persaingan yang ketat salah satunya adalah Faza Group. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis sikap konsumen terhadap atribut Chocofaza sehingga dapat dirumuskan rekomendasi alternatif strategi pemasaran bagi UKM Faza Group. Data diperoleh dari 100 responden dengan metode Purposive Sampling dimana responden melakukan uji organoleptik dalam penilaian sikap responden terhadap atribut Chocofaza. Metode analisis data menggunakan analisis sikap Multiatribut Fishbein. Responden memberikan nilai evaluasi yang tinggi secara berurutan pada atribut rasa keseluruhan, label halal dan kejelasan kedaluwarsa. Skor sikap fishbein minuman cokelat panas dan dingin Chocofaza lebih rendah dari merek Delfi namun lebih tinggi dari Taybachoco. Untuk meningkatkan sikap konsumen, Faza Group sebaiknya memperbaiki atribut yang memiliki nilai kepercayaannya rendah dengan cara memperjelas keterangan kedaluwarsa pada kemasan, melakukan pendistribusian Chocofaza di beberapa retail outlet, dan pemilihan media promosi dengan frekuensi promosi lebih dari satu kali.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]