Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Lembur Kuring Sukabumi
Abstract
Rumah Makan Lembur Kuring adalah salah satu rumah makan tradisional
sunda terbesar di Sukabumi. Rumah makan ini berlokasi di jalan raya legos
Sukabumi, lokasi ini sangat strategis dan mudah dijangkau. Tujuan penelitian ini
adalah 1) Mengidentifikasikan karakteristik konsumen dan proses keputusan
pembelian, 2) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan
dan loyalitas, 3) Memberikan implikasi strategi yang dapat direkomendasikan
kepada Lembur Kuring. Analisis deskripsi dan analisis persamaan struktural
(SEM) digunakan pada penelitian ini. Atribut yang digunakan adalah produk,
harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasil pengujian hipotesis
menunjukan produk, harga, orang, dan proses merupakan faktor yang berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan. Selain itu, kepuasan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas, sedangkan tempat, bukti fisik, dan promosi tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan. Oleh karena itu, rumah makan harus fokus kepada
faktor-faktor yang mempengaruhi rumah makan dimasa yang akan datang.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]