Pengembangan Sistem Komunikasi Publik pada Twitter menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes
Abstract
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi mendorong adanya perubahan manajemen organisasi secara keseluruhan termasuk komunikasi publik. Bentuk komunikasi publik tidak hanya dilakukan secara tatap muka, tetapi juga banyak dilakukan melalui media sosial seperti Twitter. Beberapa topik pembicaraan di Twitter dapat digolongkan menjadi kategori tertentu. Penggolongan tweet ke dalam kategori tertentu tersebut dapat dilakukan menggunakan metode Naïve Bayes. Manfaat mengelompokkan tweet ini untuk memudahkan penyebaran informasi kepada publik ke dalam topik tertentu. Penelitian ini mengklasifikasikan tweet dari akun Twitter Walikota Bogor Bima Arya. Twitter tersebut digunakan sebagai media komunikasi publik dengan masyarakat Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan 5 kategori, yaitu event, infrastruktur, pendidikan, berita, dan uncategorized. Tweet dikelompokkan berdasarkan kemiripan antar tweet dalam setiap kategori. Tingkat akurasi dari hasil klasifikasi sebesar 64% dari 81 tweet yang diuji. Meskipun akurasi yang didapatkan belum cukup baik namun sistem sudah dapat menampilkan hasil dari tweet beserta kategorinya.
Collections
- UT - Computer Science [2322]