Strategi Pengembangan Usaha Sapi Kurban Cv Bintang Tani Di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Hamidurrahman, Muhammad Fauzan
Purwono, Joko
Metadata
Show full item recordAbstract
Umat Islam diperintahkan berkurban setiap tahunnya yang dilakukan pada hari
raya Idul Adha. CV Bintang Tani merupakan salah satu badan usaha yang
menyediakan sapi kurban. Persaingan yang semakin ketat dan kebutuhan modal
yang tinggi membuat CV Bintang Tani membutuhkan strategi pengembangan
bisnis agar memiliki keunggulan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini ialah
mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal, merumuskan
alternatif strategi pengembangan usaha, dan mengurutkan prioritas strategi
pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode analisis formulasi
strategi dengan alat analisis matriks IFE dan EFE pada tahap input, matriks IE dan
SWOT pada tahap pencocokan, dan QSPM pada tahap keputusan. Hasil analisis
dari matriks IE menempatkan CV Bintang Tani berada pada sel empat, strategi yang
dapat digunakan ialah tumbuh dan membangun. Analisis matriks SWOT
menghasilkan tujuh alternatif strategi. Analisis QSPM menempatkan strategi
membuka tempat penjualan baru yang berada di dalam dan luar Bogor untuk
memenuhi pasar potensial sebagai strategi prioritas.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]