Hubungan Kepuasan Dengan Loyalitas Konsumen Pempek (Studi Kasus Di Restoran Pempek Gaby Kota Bekasi).
Abstract
Pempek merupakan makanan khas yang berasal dari Palembang, Sumatera
Selatan namun juga dapat ditemukan di luar kota Palembang. Restoran Gaby telah
memproduksi dan menjual pempek selama lebih dari 15 tahun dan membuka
empat cabang yang tersebar di wilayah Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen pempek, mengukur kepuasan dan
loyalitas konsumen pempek, dan menentukan hubungan kepuasan dengan
loyalitas konsumen terhadap pempek Gaby. Data dikumpulkan dari seratus orang
responden yang dipilih dengan menggunakan metode purpossive. Kepuasan
konsumen diukur menggunakan analisis gap dan loyalitas konsumen dijelaskan
dengan piramida loyalitas. Hubungan antara kepuasan dengan loyalitas konsumen
dianalisis menggunakan Rank Spearman. Hasil studi menunjukkan bahwa
sebagian besar konsumen pempek Gaby memiliki pendapatan rendah, riwayat
pendidikan sekolah tinggi, tinggal di lokasi yang dekat dengan restoran dan bukan
merupakan Suku Palembang. Konsumen puas terhadap pempek Gaby. Sebagian
besar konsumen merupakan switcher buyer, namun terdapat konsumen yang
merupakan committed buyer. Terdapat hubungan positif antara kepuasan terhadap
atribut pempek dengan loyalitas konsumen pempek Gaby.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]